Contact Us :    (0511) 3256404      (0511) 3256400

  • :
  • :
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan
Banner

Wisata Edukasi Pemilu untuk tingkatkan Partisipasi Pemilih

Menyongsong Pemilu tahun 2019 17 April 2019 KPU Prov Kalsel semakin gencar melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih khususnya di Kalimantan Selatan (Kalsel). Seperti yang dilaksanakan di lokasi wisata Siring Menara Pandang, tepi Sungai Martapura, Minggu (21/10).

Di lokasi wisata andalan masyarakat Kalsel ini edukasi pemilu dipajang sejumlah poster partai politik peserta Pemilu Legislatif 2019 yaitu calon DPD RI dan Partai Politik lengkap dengan nomor urutnya serta capres-cawapres nomor urut 1 dan 2, Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Sekretaris KPU Kalsel Basuki mengatakan sasaran dari wisata edukasi pemilu adalah menyasar para pemilih yang terdaftar bagaimana menyalurkan hak suaranya. “Dengan sistem jemput bola ke daerah tempat keramaian, utamanya di kawasan wisata dan pasar, Kami sasar di tempat keramaian. Ternyata, ada beberapa masyarakat yang belum terdaftar, kemudian kita beri informasi dan edukasi bahwa mereka harus mendaftar segera ke tempat pemungutan suara (TPS) di domisilinya” ucap Basuki.

Selain sosialisasi, di Wisata Edukasi Pemilu disediakan posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) untuk masyarakat bisa melakukan check apakah mereka sudah terdaftar sebagai Pemilih Tetap atau belum. 

“Masyarakat bisa mencek apakah mereka sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. Dibantu petugas, masyarakat bisa mencek di situs www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Kalau belum terdaftar, nanti dibantu untuk mendaftar ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di keluarahan yang bersangkutan berdomisili,” ujar Ketua KPU Prov Kalsel Edy Ariansyah.