Contact Us :    (0511) 3256404      (0511) 3256400

  • :
  • :
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan
Banner

Sosialisasi peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 tahun 2015 tentang Dana Kampanye

KPU Provinsi Kalsel melaksanakan Sosialisasi peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 tahun 2015 tentang Dana Kampanye peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati dan/atau Walikota dan wakil walikota (19/08/2015).

Narasumber  dalam Sosialisasi Dana Kampanye adalah:

  1. Nur  Syarifah, S.H., LLM (Kepala Biro Hukum KPU RI)
  2. Yulie Fitria (Biro Hukum KPU RI)
  3. Drs. Ec. M. Djaperi, M.Si, AK, CA (Ikatan Akuntan Publik (IAI) Wilayah Kalsel)
  4. Drs. Sarwani, M.Si, AK, CA (Ikatan Akuntan Publik (IAI) Wilayah Kalsel)

Sosialisasi diberikan kepada KPU Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah pada tahun 2015 dan kepada tim pasangan Calon Gubernur dan wakil Gubernur Kalsel. Sosialisasi dimulai pukul 10.00 wita dan dibuka oleh Ketua KPU Prov Kalsel Samahuddin. Materi pertama dari IAI Wilayah Kalsel tentang “Pelaporan Dana Kampanye.”

Drs. Sarwani, M.Si, AK, CA menuturkan bahwa "Sumber dana kampanye Pasangan calon dapat berasal dari partai politik/gabungan partai politik, Pasangan Calon Perseorangan atau Sumbangan Pihak lain yang sah menurut Hukum." Bentuk sumber dana kampanye: Uang, barang (benda bergerak atau tidak bergerak), jasa, tambahnya.

Materi selanjutnya diberikan oleh Nur  Syarifah, S.H., LLM (Kepala Biro Hukum KPU RI), lalu dilanjutkan sosialisasi berupa praktek "Alat Bantu Pelaporan Dana Kampanye." oleh Yulie Fitria (Biro Hukum KPU RI).

"Pasangan calon wajib membuka rekening khusus dana kampanye. Rekening ini menampung penerimaan dana kampanye dan dipisahkan dari rekening pasangan calon. Hanya untuk dana kampanye." ujar Nur  Syarifah, S.H., LLM. Prinsip pelaporan dana kampanye adalah legal, akuntabel, transparan.

Acara terakhir ditutup dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan pemateri.