Contact Us :    (0511) 3256404      (0511) 3256400

  • :
  • :
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan
Banner

Sosialisasi Pendaftaran Calon Peserta Pemilu Perseorangan

KPU Prov Kalsel telah melaksanakan sosialisasi pendaftaran calon peserta Pemilu Perseorangan (Anggota Dewan Perwakilan Daerah) dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 (23/3/2018) di Aula KPU Prov Kalsel. Sosialisasi dihadiri oleh masyarakat umum yang berniat atau tertarik untuk mendaftar menjadi calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Menjadi Narasumber Samahuddin (Ketua KPU Prov Kalsel), Sukadji Budihardjo (Komisioner KPU Prov Kalsel) dan Suwanto (Kasubbag Hukum KPU Prov Kalsel).

Sampai saat ini Peraturan KPU (PKPU) tentang Pencalonan belum dikeluarkan, dasar hukum yang dipakai untuk sementara adalah Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Keputusan KPU RI Nomor 71 tentang Jumlah Penduduk, Pemilih, dan Kabupaten/Kota pada setiap Provinsi sebagai dasar Pemenuhan Syarat Dukungan Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD, serta Surat Edaran KPU RI Nomor 59 tanggal 18 Januari 2018 perihal Formulir Dukungan Perseorangan Calon Peserta Pemilu Anggota DPD.

Dalam proses penyerahan syarat dukungan dan pendaftaran akan menggunakan Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP) Pemilu Anggota DPD. Untuk Kalimantan Selatan, calon harus mendapatkan dukungan paling sedikit 2000 (dua ribu) Pemilih yang tersebar paling sedikit di 7 (tujuh) Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan, jelas Samahuddin.

Tahapan Penyerahan dokumen syarat dukungan adalah 22 April s.d. 26 April 2018 (5 hari).