Contact Us :    (0511) 3256404      (0511) 3256400

  • :
  • :
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan
Banner

Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Berbasis Keluarga dan Warga Internet

Rapat tersebut melibatkan 34 Provinsi se Indonesia yang diwakili oleh Divisi Sosialisasi dan Calon Operator SiParmas (Sistem Aplikasi Partisipasi Masyarakat). Rapat bertujuan untuk mematangkan konsep, strategi dan metode pendidikan pemilih berbasis keluarga dan berbasis warga internet, demikian disampaikan oleh Ketua KPU RI Arief Budiman. 

Pemerintah dalam RPJMN telah menetapkan target partisipasi sebesar 77,5 persen, sehingga untuk mencapai target tersebut, maka sosialisasi dan pendidikan pemilih harus dilakukan secara intensif dan terintegrasi, cara-cara sporadis dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih harus dirubah dengan cara yang lebih terkonsolidasi, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Teknis dan Hupmas KPU RI Nur Syarifah.

Wahyu Setiawan (Komisioner KPU RI) juga menyampaikan Konsep Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih berbasis keluarga. Sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis keluarga bertujuan untuk membentuk Keluarga Sadar Pemilu. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menyasar semua basis pemilih, karena semua kategori pemilih sesungguhnya terdapat dalam keluarga seperti pra-pemilih, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, kelompok agama, disabilitas dan lainnya. Selain itu disampaikan juga Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Berbasis Warga Internet. Mengapa? Karena Jumlah Penduduk yang menggunakan internet mencapai 132,7 juta atau 51,7 persen dari total jumlah penduduk. 

Kegiatan Konsolidasi kali ini dilaksanakan dengan konsep yang berbeda dengan kegiatan konsolidasi sebelumnya, karena adanya pembagian kelas menjadi inside class dan outside class. Outisde class ditujukan untuk Anggota KPU dan inside class ditujukan untuk Operator Siparmas. Oustide class dilaksanakan dengan mengunjungi lokasi untuk Implementasi Kegiatan Pendidikan Pemilih Berbasis Keluarga, sedangkan inside class bertujuan untuk ujicoba Aplikasi SIPARMAS.

Diharapkan dengan kegiatan konsolidasi yang diselenggarakan dapat memperbaiki kualitas pemilu kita, termasuk dalam peningkatan partisipasi masyarakat.