Contact Us :    (0511) 3256404      (0511) 3256400

  • :
  • :
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan
Banner

Rekapitulasi Penetapan Usulan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota

Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Kalimantan Selatan menggelar rekapitulasi tentang penetapan usulan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota dewan  perwakilan rakyat daerah kabupaten/kota di provinsi Kalimantan selatan pada Kamis, 22 Februari 2018 bertempat di Hotel Best Western Jl. Ahmad Yani km 5 Banjarmasin

Rapat dihadiri oleh Ketua, anggota Divisi Teknis, Kasubbag Teknis dan Operator dari 13 KPU Kabupaten / Kota serta perwakilan dari Bawaslu provinsi Kalimantan selatan. Acara dibuka langsung oleh ketua KPU provinsi Kalimantan selatan Samahuddin.

Dalam sambutannya beliau mengatakan, sesuai dengan keputusan KPU RI ada 14 partai politik yang telah dinyatakan memenuhi syarat untuk menjadi peserta pemilu tahun 2019. Selanjutnya beliau meminta kepada KPU kabupaten/kota agar terus berkomunikasi dengan partai politik peserta pemilu tahun 2019 untuk saling bekerjasama dalam melakukan sosialisasi. Selain itu beliau juga berpesan kepada seluruh anggota kpu agar tetap fokus pada tahapan-tahapan pemilu.

Terkait masalah daerah pemilihan (dapil) komisioner kpu provinsi Kalimantan selatan Sarmuji menjelaskan, ‘KPU kabupaten/kota menyusun dan mengusulkan Daerah Pemilihan (Dapil) melalui KPU Provinsi. Hal itu sesuai landasan penyusunan dapil itu undang-undang no 7 tahun 2017 salah satunya tentang prinsip penataan dapil diantara kesetaraan suara, ketaatan pada system pemilu yang professional, proporsionalitas,konterminus, kohensifitas, integritas kesinambungan dengan pemilu sebelumnya.

Setelah mendengar pemaparan, penjelasan, dan penyampaian usulan daerah pemilihan dan alokasi kursi  oleh anggota KPU di 13 kabupaten/kota, akhirnya acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara tentang penetapan usulan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota dewan  perwakilan rakyat daerah kabupaten/kota di provinsi Kalimantan selatan  oleh ketua KPU provinsi Kalimantan selatan beserta anggotanya yang selanjutnya akan disampaikan kepada KPU RI untuk ditetapkan.