Contact Us :    (0511) 3256404      (0511) 3256400

  • :
  • :
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan
Banner

Rakor dengan IDI, BNN, RSUD Ulin, Himpsi dan 4 Kabupaten Penyelenggara Pilkada Tahun 2018

Bertempat di Aula KPU Prov Kalsel, KPU Prov Kalsel bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), RSUD Ulin dan Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada pada 2018 melakukan Rapat Koordinasi yang berkenaan dengan pemeriksaan kesehatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di 4 (empat) Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang menyelenggarakan Pilkada pada Tahun 2018. Rakor berlangsung pada 27/12/2017..

Surat Edaran KPU Nomor : 231/PL.03.1.Kpt/06/KPU/XII/2017 tentang petunjuk teknis standar kemampuan jasmani dan rohani serta standar pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota sudah terbit tetapi ini tidak akan terselenggara dengan baik apabila tidak ada kesepakatan bersama seperti siapa yang memeriksa dan dimana tempat pemeriksaannya. Maka dari itu dilaksanakan rapat koordinasi masalah tersebut agar pelaksanaan pemeriksaan kesehatan berjalan dengan lancar.

Rapat Koordinasi ini merupakan suatu awal untuk rekomendasi kepada Rumah sakit yang ditunjuk. Dari rapat koordinasi hari ini disepakati bahwa yang ditunjuk sebagai Koordinator untuk menunjuk tim pemeriksa dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) untuk melakukan proses pemeriksaan bakal pasangan calon.  Rumah Sakit Ulin Banjarmasin dipilih sebagai koordinator dan tempat pelaksanaan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon.

Apabila hanya ada 1 (satu) pasangan calon, pada saat pendaftaran nanti yaitu tanggal 08 Januari - 10 Januari 2017 maka proses pendaftaran diperpanjang selama 3 (tiga) hari.

Dalam hal ini saya sampaikan Bahwa Rumah Sakit Hanya sebagai koordinator saja yang menunjuk Tim Pemeriksa seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melakukan test kesehatan, Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan test narkoba, dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) melakukan test psikologi. Jadi Tim Pemeriksa yang ditunjuk oleh Rumah Sakit harus menyampaikan masing-masing laporan hasil pemeriksaan calon pasangan, apakah memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat ujar Sarmuji Komisioner KPU Prov Kalsel.