Contact Us :    (0511) 3256404      (0511) 3256400

  • :
  • :
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan
Banner

Pemutakhiran Data Pemilih berkelanjutan semester II

Kualitas Pemilu ditentukan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah bagaimana menyusun daftar pemilih yang akurat dan mutakhir.

Kegiatan ini untuk memperbaharui data Pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap dari Pemilu atau Pemilihan Terakhir dan mempertimbangkan DP4 dengan cara melakukan verifikasi faktual data Pemilih dan selanjutnya digunakan sebagai bahan penyusunan DPS yang dilaksanakan oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota dengan dibantu oleh PPK dan PPS.

Narasumber pada Kegiatan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (23/11) Nanang Indra Suyitno (Tim ahli KPU RI) dan Nur Kholis Majid, dengan peserta dari 13 KPU Kabupaten/Kota : Komisioner yg membidangi, Kasubbag Program dan data, Operator Sidalih dan Gusti Husaini (Sekretaris Dukcapil Provinsi Daerah).

merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU untuk mendapatkan data pemilih yang akurat, komprehensif, mutakhir dan dilakukan secara berkesinambungan dan tidak bergantung pada proses pemilu/pemilihan.

Aspek Penting Data Pemilih

  • Sebagai jaminan agar pemilih dapat menggunakan hak pilihnya
  • Merupakan komponen utama yang menentukan kualitas penyelenggaraan pemilu.
  • Sebagai data dukung atau referensi untuk kegiatan/proses kepemiluan lainnya seperti logistik, pencalonan, verifikasi partai politik dan lain – lain
  • Sebagai data rujukan untuk rekrutmen petugas TPS dan pengawas TPS.