Contact Us :    (0511) 3256404      (0511) 3256400

  • :
  • :
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan
Banner

KPU Gelar Coklit Serentak Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pemilu 2019 secara serentak pada tanggal 17 April hingga 17 Mei 2018, baik bagi pemilih di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Gerakan Coklit Serentak yang dilakukan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk dalam negeri dilaksanakan di 133 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia. 133 kabupaten/kota tersebut berada di 17 provinsi diluar 17 provinsi yang melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Diantara 17 provinsi tersebut termasuk DKI Jakarta, DIY, dan Papua Barat yang tidak melaksanakan Pilkada. Sesuai Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri Dalam Pemilu, menyatakan daerah yang tengah mengadakan Pilkada 2018 tidak dilakukan coklit.

Proses Coklit ini, petugas Pantarlih akan mendatangi rumah-rumah warga untuk memastikan keberadaan orang yang tertera dalam data Pemilih. 

Ketua KPU Prov Kalsel melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilih di kediaman Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Jalan Suprapto, Antasan Besar, Banjarmasin Tengah, Selasa (17/4/2018). 

'' Di masa-masa pertama, kita jadwalkan untuk mencoklit tokoh masyarakat. Misalnya kita lakukan terhadap Gubernur, disusul walikota dan wakil walikota. Begitu pula di Kabupaten/Kota lainnya.'' ujar Samahuddin.

Sahbirin Noor menyambut baik kedatangan Ketua KPU Prov Kalsel Samahuddin bersama Pantarlih, Ketua Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan dan Ketua KPU Banjarmasin Bambang Budiyanto.

Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin berharap data Coklit yang dihasilkan Pantarlih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Karena data ini adalah salah satu poin dalam kesuksesan Pemilu 2019,’’ katanya.