Contact Us :    (0511) 3256404      (0511) 3256400

  • :
  • :
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan
Banner

Koordinasi Bawaslu dan KPU Kalsel Melayani Penyerahan LPSDK

Diawal tahun 2019, Rabu, 2 Januari 2019 Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan, diwakili oleh Koordinator Divisi Pengawasan dan Humashubal, Erna Kasypiah dan Koordinator Divisi Hukum,  Nur Kholis Majid menyambangi Kantor KPU Provinsi Kalimantan Selatan. Kehadiran Anggota Divisi Hukum ini dalam rangka koordinasi sekaligus pengawasan terhadap tahapan penerimaan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) peserta Pemilu tahun 2019.

Tujuan Koordinasi Bawaslu tersebut untuk “memastikan bahwa Peserta Pemilu menyampaikan LPSDK sesuai dengan aturan yang berlaku, dan KPU memberikan pelayanan sesuai asas penyelenggaran Pemilu” terang Erna Kasypiah.

 

Erna Kasypiah dan  Nur Kholis Majid disambut oleh Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan, Edy Ariansyah di ruangannya didampingi oleh Anggota/Divisi Hukum dan Pengawasan, dan Kepala Subbagian Hukum KPU Provinsi Kalimantan Selatan.

KPU dan Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan memiliki pandangan yang sama menyoal penyelenggaran tahapan LPSDK peserta Pemilu Tahun 2019. Kesamaan pandangan dalam hal ini untuk memastikan layanan penerimaan LPSDK yang disampaikan oleh Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Pengurus Partai Politik peserta Pemilu tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, dan Perseorangan Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah untuk daerah pemilihan Kalimantan Selatan sesuai aturan yang berlaku dan tepat waktu.

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan, Edy Ariansyah menegaskan bahwa “KPU beserta jajaran berkomitmen menyelenggarakan tahapan LPSDK sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan tepat waktu”. Layanan terhadap penerimaan LPSDK yang disampaikan oleh peserta Pemilu ditingkat Provinsi Kalimantan Selatan berlangsung pada tanggal 2 Januari 2019, yang berlangsung hanya sehari dimana time limited layanan terakhir pada pukul 18.00 Wita.

Wujud dari komitmen KPU Provinsi Kalimantan Selatan tergambarkan pada beberapa variable berikut. Pertama, adanya kesiapan perangkat Tim Penerima LPSDK yang telah terbagi dalam tiga kelompok antara lain Tim Penerima LPSDK Partai Politik, Tim Penerima LPSDK Perseorangan calon DPD, dan Tim Penerima LPSDK Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden. Kedua, KPU Provinsi Kalimantan Selatan telah memberitahukan secara tertulis kepada semua peserta Pemilu dan Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden yang pada pokoknya terkait dengan jadwal, waktu layanan, tempat penerimaan, tata cara, dan ketentuan-ketentuan terkait dengan penyampaian LPSDK. Ketiga, adanya Tim Help Desk LPSDK yang berfungsi untuk memberikan penjelasan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan pelaporan dana kampanye. Keempat, telah dilakukan bimbingan teknis LPSDK dan LPPDK terhadap KPU Kabupaten/Kota, Partai Politik peserta Pemilu, Perseorangan Calon Anggota DPD, dan Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden.

Perlu diketahui bahwa penyelenggaraan tahapan LPSDK merupakan bagian dari tahapan pelaporan dana kampanye yang dimana sebelumnya Peserta Pemilu telah menyampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), dan setelah tahapan pemungutan dan penghitungan suara nanti masih terdapat Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) yang wajib disampaikan oleh Peserta Pemilu Tahun 2019. Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Kalimantan Selatan, Nur Zazin menginformasikan “ hasil dari penerimaan dan pencermatan terhadap LPSDK peserta Pemilu Tahun 2019 akan diumumkan pada tanggal 3 Januari 2019 melalui laman www.kalsel.kpu.go.id dan papan pengumuman KPU Provinsi Kalimantan Selatan” paparnya saat mendampingi Ketua KPU Kalimantan Selatan dalam menyambut koordinasi Bawaslu Provinsi Kalimatan Selatan.

Ditambahkan juga oleh Kepala Subbagian Hukum, Suwanto menerangkan “prinsipnya kami berkomitmen melayani penyerahan LPSDK ini sesuai hukum yang berlaku dan semua personel Tim telah dibekali dengan keterampilan, pengetahuan, dan instrument kerja sehingga dalam implementasinya efektif “ ucapnya  mantap dalam mengkoordinir Tim Peneriama LPSDK.